Faq

1. Q : Apakah yang dimaksud dengan Sertifikat Digital?
A : Sertifikat yang bersifat digital yang memuat tanda tangan elektronik dan identitas yang menunjukan status subjek hukum para pihak dalam sistem dan transaksi elektronik yang dikeluarkan oleh CA (Certification Authority ~ iOtentik)
2. Q : Apakah fungsi dari Sertifikat Digital?
A : Sebagai alat autentifikasi dan verifikasi atas identitas penandatangan dan keutuhan dan keautentikan informasi elektronik.
3. Q : Bagaimana cara saya mendapatkan Sertifikat Digital?
A : Melakukan Pendaftaran secara tatap muka di Registration Authority ( RA ) yang ditunjuk oleh iOTENTIK.
4. Q : Dalam lingkup Implementasi sertifikat digital, hanya pegawai aktif yang dapat meminta sertifikat digital. Siapa sajakah yang termasuk dengan pegawai aktif?
A : Pegawai yang berstatus aktif di lingkungan BPPT diantaranya : aktif bekerja, tugas belajar, cuti bersalin, masa persiapan pensiun,disiplin dan cuti besar)
5. Q : Mengapa permohonan pendaftaran Sertifikat Digital saya ditolak?
A : Hal ini bisa dikarenakan saat verifikasi data pemohon tidak sesuai dengan data yang ada di admin pendaftaran.
6. Q : Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari saat saya melakukan pendaftaran sampai menerima validasi melalui email?
A : Proses verifikasi data pemohon memerlukan waktu paling lambat 3 hari kerja.
7. Q : Apa yang akan terjadi jika saya tidak segera melakukan download Sertifikat Digital?
A : Pemohon yang sudah mendapatkan validasi dari admin dan dalam jangka waktu paling lambat 2 hari kerja tidak melakukan download Sertifikat Digitalnya, maka datanya akan dihapus oleh admin. Pemohon harus melakukan registrasi ulang, yang dapat dilakukan paling cepat setelah 1 minggu dari proses penghapusan data oleh admin.
8. Q : Mengapa saya tidak dapat menggunakan Sertifikat Digital saya?
A : Hal ini bisa dikarenakan, koneksi antara pengguna dan server terputus atau dikarenakan masa berlaku Sertifikat Digital telah habis.
9. Q : Apakah Sertifikat Digital memiliki masa berlaku?
A : Sertifikat Digital memiliki masa berlaku 1 tahun setelah sertifikat diterbitkan.
10 Q : Apa yang harus saya lakukan jika Sertifikat Digital saya hilang?
A : Melaporkan kehilangan, dengan login di aplikasi pendaftaran.

10 comments

  1. Fawaz Rifqi said on June 2, 2016 Reply
    Halo, selamat sore. Dimana lokasi iOtentik atau RA di Indonesia? Terimakasih
    • banyu said on June 7, 2016 Reply
      Kami ada di kawasan puspiptek serpong. Terima kasih
  2. aGUS said on November 13, 2016 Reply
    APAKAH IONTENTIK HANYA MELAYANI PEGAWAI LINGKUP BPPT ATAU KE SELURUH MASYARAKAT YANG INGIN MEMILIKI SERTIFIKAT DIGITAL
    • banyu said on November 16, 2016 Reply
      iOTENTIK sebagai pelenyenggara CA tidak hanya melayani internal BPPT tetapi seluruh instansi pemerintah yang membutuhkan Sertifikat Digital.
  3. averina said on July 4, 2017 Reply
    Selamat siang. Saat ini saya bekerja di salah satu bank swasta yang sedang dalam proses men-digitalisasi proses-proses perbankan. Salah satu proses yang ingin di-digitalisasi adalah proses aplikasi KPR. Harapannya nasabah dapat apply KPR secara online tanpa perlu lagi datang ke cabang. Untuk bisa merealisasikan hal tersebut, nasabah hanya perlu mengisi data2 yang diperlukan lewat website. Namun agar bank dapat memproses dan menggunakan data2 tersebut, nasabah perlu menandatangani beberapa pernyataan yang menyatakan bahwa nasabah memberikan kuasa pada bank untuk menggunakan data2 tersebut sesuai kebutuhan agar aplikasi dapat diproses. Saat ini tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah. Namun jika menggunakan tanda tangan basah, nasabah harus datang ke cabang, dan proses ini yang ingin kami hilangkan melalui digitalisasi. Oleh karena itu dibutuhkan tanda tangan elektronik. Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi, bank harus bekerjasama dengan Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik yang: 1. terdaftar di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indoneisa, 2. memiliki metode untuk melakukan verifikasi terhadap Tanda Tangan Elektronik yang sudah dibubuhkan serta Sertifikat Elektronik yang diterbitkan, 3. memiliki metode untuk menerbitkan, menghapus, dan mengganti sertifikat elektronik. Oleh karena itu saya ingin bertanya apakah iOtentik merupakan pihak ketiga yang dimaksud oleh peraturan OJK tersebut? Apakah iOtentik dapat mempermudah proses aplikasi KPR online dari nasabah dengan memverifikasi tanda tangan digital nasabah? Apakah untuk merealisasikan hal ini, setiap nasabah harus mendaftarkan tanda tangannya dan datang ke gedung kominfo, atau nasabah cukup mengisi form di website kami dan iOtentik dapat secara otomatis mengidentifikasi kelayakan tanda tangan digital dari nasabah? Saya sudah mencoba untuk menelepon nomor telepon yang ada di situs ini (02175791260) untuk menanyakan langsung terkait hal ini, namun selalu failed. Saya sudah mencoba untuk mengirimkan fax namun tidak berhasil karena tidak ada respon dari pihak iOtentik. Saya juga sudah mencoba register di situs ini, namun email aktivasi tidak pernah saya terima. Jawaban Bapak/Ibu sangat saya harapkan. Mohon bantuannya. Terima kasih.
    • banyu said on March 28, 2018 Reply
      Jika ada pertanyaan silahkan bisa menghubungi kepala program iOTENTIK di NO HP 0813-1562-6042
  4. moira115 said on August 14, 2017 Reply
    Mohon info apakah setiap pendaftaran sertifikat digital akan dipungut biaya? thx.
    • banyu said on March 28, 2018 Reply
      Sampai saat ini aturan menggenai pembiayaan sertifikat digital belum keluar sehingga untuk penggunaan sertifikat digital masih gratis. WH
  5. arif said on March 14, 2018 Reply
    Untuk masyarakat non pegawai BPPT, apakah ada biaya untuk pengajuan sertifikat digital ini?
    • banyu said on March 28, 2018 Reply
      Sampai saat ini aturan menggenai pembiayaan sertifikat digital belum keluar sehingga untuk penggunaan sertifikat digital masih gratis. WH

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the transfers internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *