iOtentik Ikut Serta Dalam Seminar dan Pameran Sertifikat Digital Memberikan Jaminan Layanan Publik Online Terpercaya

+

Hari ini tanggal 29 November 2017 bertempat di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan seminar dan pameran dengan tema Sertifikat Digital Memberikan Jaminan Layanan Publik Online Terpercaya. Acara yang di gelar di akhir tahun 2017 ini mengumpulkan para penggiat dan pemerhati di dunia keamanan informasi khususnya Sertifikat Digital baik dari kalangan pemerintah maupun dari kalangan swasta.

Kegiatan seminar dan pameran ini dibuka secara resmi oleh Direktur Keamanan Informasi Bapak Aidil Cendramata yang pada pidatonya menekankan bahwa saat ini Indonesia sudah memasuki era digital sehingga dengan adanya dunia digital kedepannya tidak ada lagi penggunaan kertas dan tanpa tatap muka langsung saat bertransaksi. Oleh karena itu diperlukan pengamanan yang salah satunya menggunakan sertifikat digital.

Kemudian dalam sesi pertama seminar ditampilkan pembicara-pembicara dari narasumber yang instansi atau daerahnya sudah menerapkan penggunaan sertifikat digital. Beberapa narasumber yang tampil diantaranya dari Direktorat eGov Kominfo yang membawakan PNS Mail, Dirjen Perbendaharaan dengan aplikasi eSPM, Kota Tangerang Selatan dengan aplikasi SIMPONIE, Ditjen SDPPI yang menampilkan Layanan Perijinan, LKPP yang menjelaskan mengenai LPSE, Pemerintah Kota Bogor dengan layanan ePTSP dan sector swasta ada Privy ID dengan E-KYC.

Dalam sesi penutup diadakan diskusi dengan menampilkan pembicara dari instansi pemerintah yang merupakan Penyelenggara Sertifikasi Elektronik yaitu BPPT dan Lemsaneg. Untuk BPPT diwakili oleh Kepala Balai BJIK Bapak Kelik Budiana yang mempresentasikan mengenasi Registration Authority atau RA. Dalam paparannya RA iOtentik akan didelegasikan ke mitra yang berminat menjadi RA dengan memenuhi syarat-syarat yang sudah di tentukan oleh iOtentik. Konsep yang ditawarkan adalah RA Box dimana bagi mitra yang berminat menjadi RA cukup menggunakan sistem yang telah dibangun oleh CA iOtentik.

konfigurasi-ra-iotentik

Sistem Registration Authority iOtentik

 

Pada kesempatan yang sama juga diadakan pameran dari beberapa penyelenggara CA dan instansi yang sudah menerapkan sertifikat digital di aplikasi – aplikasi pelayanan publik. Diharapkan dengan adanya acara seperti ini implementasi sertifikat digital makin banyak kedepannya seperti target kominfo 8,9 juta pengguna di 2018.

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the transfers internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *