Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Untuk Aplikasi Perizinan

Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Untuk DPMPTSP Seluruh Indonesia
+

Pada tanggal 6-7 Februari 2019 bertempat di Ruang Rapat Opsroom Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat diadakan Rapat Evaluasi Implementasi siCANTIK Cloud yang digunakan Pemerintah Daerah. Acara tersebut dihadiri oleh Kemendagri, Kemenkominfo, KPK, BPPT dan Kepala Dinas dari 50 Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 208 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Online Single Submission (OSS) dimana nantinya akan perlu interopabilitas seluruh aplikasi perizinan pemerintah pusat dan daerah.

Dalam Peraturan Pemerintah tersebut juga dijelaskan mengenai pemanfaatan tanda tangan elektronik untuk mengamankan dokumen elektronik sebagai produk dari aplikasi perizinan. Disinilah peran iOTENTIK sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik untuk bisa membantu mengimplementasikan tanda tangan elektronik di dokumen perizinan yang nantinya akan diterbitkan oleh DPMPTSP sebagai Dinas yang berwenang untuk menerbitkan perizinan.

Seperti kita ketahui, sertifikat elektronik diatur Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Sertifikat elektronik memberikan jaminan otentikasi data, integritas, anti penyangkalan, dan kerahasiaan. Pemanfaatan sertifikat elektronik juga telah di amanatkan oleh Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 bahwa setiap penyelenggaraan transaksi elektronik dalam lingkup publik atau privat yang menggunakan sistem elektronik untuk kepentingan pelayanan publik wajib menggunakan sertifikat keandalan dan/atau sertifikat elektronik. Layanan sertifikat elektronik yang diselenggarakan oleh Lemsaneg ini membuktikan bahwa peranan persandian tidak lagi hanya sebatas pada pengamanan informasi berklasifikasi/rahasia namun juga pemenuhan kebutuhan pengamanan pada informasi publik untuk memberikan jaminan otentikasi data, integritas, anti penyangkalan, dan kerahasiaan.

Pada saat yang bersamaan juga telah dilakukan penerbitan Sertifikat Elektronik oleh iOTENTIK untuk seluruh Kepala Dinas yang hadir. Melalui Mobile RA, iOTENTIK melakukan verifikasi pemohon dan mengecek kelengkapan berkas sesuai dengan prosedur penerbitan Sertifikat Elektronik. Diharapkan kedepannya semua DPMPTSP telah memiliki Sertifikat Elektronik sehingga lebih memudahkan dalam melakukan pelayanan kepada masyarat. (WH)

Leave a Reply

Note: Comments on the web site reflect the views of their authors, and not necessarily the views of the transfers internet portal. Requested to refrain from insults, swearing and vulgar expression. We reserve the right to delete any comment without notice explanations.

Your email address will not be published. Required fields are signed with *